
Medha.id. Dalam semangat merayakan keberagaman ekspresi seni rupa kontemporer Indonesia, THE 1O1 Hotels & Resorts menghadirkan “1O1ARTperience”, sebuah program kurasi pengalaman seni yang menghubungkan dunia perhotelan dengan ekosistem kreatif dan praktik pariwisata berkelanjutan. Program ini menjadi kontribusi aktif PHM HOTELS dalam perhelatan ARTJOG 2025 dan Jogja Art Week, yang berlangsung dari 20 Juni hingga 31 Agustus 2025 di Jogja National Museum.
Melalui partisipasi dua unit unggulan di Yogyakarta—THE 1O1 Yogyakarta Tugu dan 1O1 STYLE Yogyakarta Malioboro—THE 1O1 Hotels & Resorts mempersembahkan rangkaian pengalaman menginap yang menyatu dengan seni, menjadikannya lebih dari sekadar destinasi, melainkan ruang hidup bagi kreativitas dan kolaborasi
Baca juga: Menteri Pariwisata dan Gubernur DKI Dukung Penguatan Sektor Pariwisata
1O1ARTperience: Menyusuri Galeri, Menyulam Koneksi
Sebagai wujud nyata dari kolaborasi antara perhotelan dan dunia seni, THE 1O1 Hotels & Resorts bersama Asosiasi Galeri Senirupa Indonesia (AGSI) mempersembahkan program unggulan bertajuk 1O1ARTperience ART Trip, sebuah perjalanan seni kuratorial selama 3 hari (20–22 Juni 2025) yang membawa peserta menjelajahi lanskap seni rupa kontemporer Yogyakarta.
Destinasi tur meliputi galeri dan studio seni ternama seperti Srisasanti Gallery, Sangkringan Art Space, Sarang Gallery, Cemeti, Gajah Gallery, Langgeng Art Foundation, Jogja Chapter, hingga kunjungan ke studio maestro Agus Suwage. Tur ini juga mencakup momen eksklusif menghadiri pembukaan ARTJOG 2025 bertema Motif: Amalan, serta menikmati jamuan makan malam khas Jogja bertajuk “PIRINGAN” di LOTENG, THE 1O1 Yogyakarta Tugu—sebuah reinterpretasi modern dari tradisi “piring terbang” sebagai simbol keramahan dan kebersamaan.
Baca juga: OPPO RUN 2025 Bali Siap Gaet 7000 Pelari Untuk Make Their Moment
SEE & Sea: Seni, Laut, dan Narasi Keberlanjutan
Masih dalam naungan tema 1O1ARTperience, THE 1O1 Hotels & Resorts bersama Artopologi mempersembahkan program lintas disiplin bertajuk “SEE & Sea – A Talk about Art, Ocean & Sustainability”, yang menggabungkan artist talk, pembukaan pameran daur ulang, tur kuratorial, hingga sesi afternoon tea.
Dua inisiatif kolaboratif menjadi sorotan utama program ini:
- Kurma Amerta & Bisikan Terumbu
Bersama Yayasan Terumbu Rupa dan seniman Teguh Ostenrik, THE 1O1 Hotels & Resorts meluncurkan program Stay & Donate, yang memungkinkan tamu hotel untuk berpartisipasi langsung dalam pelestarian ekosistem laut melalui donasi yang digunakan untuk proyek seni bawah laut Kurma Amerta—instalasi berbentuk penyu sebagai rumah bagi terumbu karang di Bondalem, Bali
Sebagai bagian dari program, film dokumenter pendek berjudul “Bisikan Terumbu” akan ditayangkan di ARTJOG pada 4 Juli 2025 pukul 19.00 WIB, mengajak publik menyelami lebih dalam filosofi dan dampak dari karya tersebut
Baca juga: Menteri Pariwisata Ajak Kolaborasi Demi Wisata Aman dan Nyaman
- Kelana Kebun Warna
Bekerja sama dengan Tac Tic Plastic, THE 1O1 Yogyakarta Tugu menghadirkan pameran seni daur ulang bertajuk Kelana Kebun Warna, berlangsung dari 3 Juli hingga 20 Agustus 2025. Pameran ini menampilkan karya dari plastik bekas yang diolah menjadi ekspresi visual puitis dan reflektif terhadap isu lingkungan.
Pengunjung juga dapat mengikuti studio visit dan workshop eksklusif untuk mendalami praktik seni berkelanjutan sebagai bagian dari rangkaian Jogja Art Week.
Baca juga: Kolaborasi Jiwa Muda dan Budaya di 1O1 URBAN Heritage Yogyakarta Lynn Prawirotaman
Sebagai bagian dari nilai inti brand, THE 1O1 Hotels & Resorts senantiasa mendukung seniman dan karyanya, baik melalui ruang eksposur, kerja sama promosi, maupun program apresiasi seperti 1O1ARTperience. Inisiatif ini bukan hanya selebrasi seni, melainkan perwujudan nyata dari komitmen untuk ikut mengembangkan ekosistem kreatif Indonesia secara berkelanjutan.
“Kami percaya bahwa perhotelan dan seni memiliki titik temu: keduanya menghadirkan pengalaman yang menginspirasi. Melalui 1O1ARTperience, kami ingin menciptakan ruang apresiasi dan koneksi, sekaligus merayakan keberagaman ekspresi seni yang hidup di Yogyakarta,” ujar Greta Indri, Corporate Brand & Marcom Manager PHM HOTELS. Menambahkan perspektif dari sisi pengembangan brand dan visi jangka panjang, Marcia Amandary, VP Brand & Development PHM HOTELS menyatakan “Kolaborasi ini mencerminkan misi kami untuk membangun praktik perhotelan yang berdampak, tidak hanya pada ekonomi lokal tetapi juga pada budaya dan lingkungan. Melalui program seperti 1O1ARTperience, kami ingin menunjukkan bahwa pariwisata dapat menjadi kekuatan positif yang mendukung seniman, menghidupkan komunitas kreatif, sekaligus mendorong kesadaran terhadap keberlanjutan.”