ZAP Beauty Index 2021 Ungkap Tren Kecantikan Selama Pandemi

0
7354

ZAP Beauty Index 2021 juga kembali memotret kebiasaan wanita Indonesia terkait produk kecantikan yang mereka beli dan gunakan. Mayoritas responden, yaitu sebanyak 57,1%, memilih e-commerce sebagai platform pilihan untuk membeli produk kecantikan. Pandemi, stay at home, dan kebiasaan berbelanja online yang meningkat dapat menjadi salah satu pendorong mengapa tahun ini e-commerce semakin digemari para wanita.

“Hal ini berbeda dengan temuan ZAP Beauty Index 2019 ketika gerai resmi brand menjadi 52,9% favorit wanita Indonesia. Sementara pada ZAP Beauty Index 2020, retail pharmacy atau drug store adalah jujukan pertama dari 57,2% responden. Namun uniknya, tidak semua platform online disukai oleh konsumen pada tahun ini. Website dari brand menjadi platform yang paling kurang dipertimbangkan, di mana hanya 0,3% yang membeli produk kecantikan mereka dari platform ini,” kata Chief Operating Officer MarkPlus Institute Yosanova Savitry dalam peluncuran ZAP Beauty Index 2021, Rabu (10/11)

Baca juga:

Wujudkan Moment Pernikahan Anda Di Grand Dafam Braga Bandung

Selain peningkatan tren berbelanja melalui e-commerce, ternyata klinik kecantikan juga semakin menjadi favorit wanita untuk membeli produk kecantikan. Pada 2020, hanya 0,3% wanita yang memilih klinik kecantikan sebagai tempat mereka membeli skin care. Namun pada 2021, angka tersebut meningkat menjadi 17,8% atau 20x lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal tersebut juga terkait dengan tingginya kepercayaan wanita Indonesia terhadap produk yang dikeluarkan oleh klinik kecantikan. Sebesar 62,5% wanita Indonesia menyatakan percaya ataupun sangat percaya terhadap produk dari klinik kecantikan, walaupun belum pernah melakukan perawatan di klinik kecantikan tersebut. Tingkat kepercayaan ini tidak berbeda jauh dengan mereka yang sudah menjadi pelanggan klinik kecantikan, yaitu 65,4%.

Baca juga:

BEBAZZ In Aja Hadir Untuk Menuhi Kebutuhan Masyarakat Indonesia

Merespon temuan ZAP Beauty Index 2021, CEO ZAP Fadly Sahab mengatakan, “Tren berubah sangat cepat setiap tahun. Penting bagi brand yang sangat peduli kepada customer seperti ZAP untuk stay relevant, mendengarkan, memahami apa yang diinginkan dan dianggap penting oleh para wanita Indonesia. Selain itu, harapannya ZAP Beauty Index dapat menjadi sumber referensi tepercaya bagi pelaku industri kecantikan di Tanah Air maupun teman-teman jurnalis.” Hasil survei ZAP Beauty Index 2021 dan tahun-tahun sebelumnya kini telah dapat diakses dengan bebas melalui tautan zapclinic.com/zapbeautyindex

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here