Medha.id. Pandemi covid-19 menghadirkan tantangan bagi masyarakat khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Mobilitas masyarakat yang terbatas membuat omset pemasukan menurun. Alhasil, tidak jarang ada UMKM yang terpaksa gulung tikar akibat merugi.
Baca juga:
Pelajari lebih Jauh Dampak Media Sosial Terhadap Pengguna
Namun demikian, pandemi covid-19 juga menghadirkan beberapa peluang baru bagi para pelaku UMKM. Wicha Okta Riska, seorang Key Opinion Leader (KOL) yang juga pengusaha membeberkan tips untuk tetap bertahan dan produktif di tengah covid-19.
Wicha mengatakan, dirinya kini memiliki usaha makanan setelah memanfaatkan waktu untuk tetap di rumah. Usaha tersebut ia jalankan dengan memaksimalkan media sosial.
Baca juga:
Pelajari Dengan Baik Setiap Platform Investasi Online
“Pas pandemi ini kegiatan berkurang. Orang melihat handphone terus, meeting zoom terus. Gimana caranya, aku bisa buat dan terbukti aku baru banget buka usaha cemilan karena melihat peluang saat pandemi,” kata Wicha dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).