Selain itu ada beberapa etika yang perlu diperhatikan dalam ruang digital diantaranya adalah menggunakan kata-kata yang santun, menghindari penyebaran kebencian berbasis SARA dan pornografi. Juga penting adalah pemahaman agar kita tidak mengumbar informasi pribadi dan jangan membagikan berita tanpa mengecek kebenaran. “Ingat juga hargai privasi dan kreativitas orang lain.”
Baca juga:
UMKM Harus Beradaptasi di Ruang Digital Agar Bertahan
Sementara itu pembicara lain Slivia Kartika mengatan di masa pandemic kebutuhan akan cashless menjadi sesuatu keharusan. Cashless merupakan sistem yang mana semua transaksi dilakukan melalui saran digital seperti kartu debit, kartu kredit, uang elektronik, transfer dalan elektoni, internet bankinh, mobile banking dan sarana digital lainnya.
“Ada berbagai alasan yang menjadi jawaban pertanyaan kenapa kita harus mempergunakan transaksi non tunai di saat pandemi. Salah satunya adalah dari sisi keamanan agar terhindari dari uang palsu dan terhindar dari pencurian,” ujar Silvia.
Baca juga:
Peran Orang Tua Terhadap Dampak Internet pada Anak
Dikatakannya juga selain keamanan, ada siis kenyamanan, promosi dan higienie. Traksaksi bisa lebih cepat dan merchant tidak perlu menyiapkan kembalian dan tak perlu rekonsiliasi manual tiap setor ke bank. “Selain itu juga untuk meminimalisir kesalahan serta peningkatan omset untuk merchant karena customer lebih mudah dalam bertransaksi.”