Yuk Simak Bahaya Penggunaan VPN Secara Gratis

0
36

Dijelaskan oleh Fadly, VPN berfungsi sebagai sumber data dimana pengguna harus melakukan  autentikasi terlebih dahulu untuk dapat terkoneksi ke dalam jaringannya. VPN ini sendiri bersifat pribadi atau rahasia. Meksipun melewati jaringan publik, namun data yang dikirim akan terenkripsi sehingga tetap aman. Keutuhan data yang dikirim tidak dapat diubah oleh pihak lain meskipun melewati jaringan publik.

Baca juga:

Perlunya Etika Berkomunikasi Dalam Media Sosial Agar Tetap Positif

“VPN ini bisa mengamankan komunikasi di WiFi publik sekalipun,” kata Fadly.

Menggunakan VPN ketika terhubung dengan internet memang sudah disarankan oleh pakar teknologi agar data terlindungi. Hal ini berawal dari banyaknya jaringan internet dengan tingkat keamanan rendah. Untuk itu, di tahun 2021 sendiri banyak orang mulai menggunakan VPN, terutama yang gratis.

Baca juga:

Penipuan Internet Semakin Merajalela, Bagaimana Menghindarinya

Meskipun memang tidak disarankan untuk menggunakan VPN gratis karena sudah pasti, keamanan dan privasi sangat rendah. Bahkan pengguna lain bisa mengakses jaringan Anda. Fadly menjelaskan bahaya penggunaan VPN yang tidak tepat bisa berakibat pencurian data, penyebaran malware, memperlambat koneksi atau bahkan tracking online activity.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here