Medha.id. Brand lokal dalam satu dekade terakhir bertumbuh cukup pesat. Pertumbuhan ini juga didukung oleh penggunaan e-commerce dan kemudahan pembayarannya. Pelaku UMKM ini pun cukup mendapat dukungan dan perhatian dari pemerintah. Namun sebelum anda memulai berbisnis online, perlu sekiranya anda mengetahui kiat membangun brand agar kedepannya langkah anda semakin mantap.
Baca juga:
Waspada Jejak Digital Karna Tuhan Maha Pengampun Tapi Google Tidak
Dwika Putra Hendrawan, CEO Riuh Renjana Kreatif memaparkan kiat membangun brand lokal UMKM memiliki beberapa kelebihan. Label “karya anak bangsa” menjadi salah satu kelebihan usaha produk lokal.
Baca juga:
Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini
“Di setiap negara rasa nasionalisme dan kedekatan ini ada. Dalam artian membeli produk lokal sama dengan kita mensupport karya teman sebangsa,” tutur Dwika, dalam acara Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital Wilayah Kabupaten Jembrana, Bali, Selasa (22/6/2021).