Kalibrr Sosialisasikan Dampak Untuk Lanskap Rekrutmen

0
  • 7
    Shares

Medha.id. Pada tanggal 27 Februari 2019 Kalibrr untuk pertama kali mengadakan sebuah acara ​media gathering bertajuk “​2018 Year in Summary”​. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan Kalibrr dan membahas performa serta dampak yang diberikan untuk dunia perekrutan di Indonesia. Lebih lanjut, acara juga mempublikasikan ​white paper Kalibrr Indonesia yang meneliti tentang candidate experience dan dampaknya terhadap perusahaan.

Bertempat di Restoran Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Kalibrr Indonesia mengutarakan seluruh pencapaian yang telah didapat selama 2 tahun hadir di Indonesia. Dimulai dengan penjabaran singkat yang dibawakan langsung oleh Country Strategy Head Kalibrr, Permata Indwita, mengenai sejarah berdirinya Kalibrr sebagai perusahaan teknologi rekrutmen, dari negeri Paman Sam hingga ke tanah air. Merujuk data yang diberikan, sampai awal tahun 2019 Kalibrr telah memiliki lebih dari 700.000 database jobseeker dengan tambahan 50.000 pencari kerja baru setiap bulannya. Selama tahun 2018, Kalibrr mengadakan 25 event yang menargetkan kandidat dan rekruter untuk memberikan pengetahuan dan wawasan yang dapat meningkatkan kualitas diri dan performa rekrutmen mereka.

Baca Juga:

Kalibrr Berkomitmen Untuk Perkembangan Ekosistem Talenta Digital Indonesia

Permata selanjutnya menjelaskan tentang keunggulan teknologi ​artificial intelligence Kalibrr yang bermanfaat untuk pencari kerja dan para praktisi rekrutmen. Poin ini yang menurutnya sangat membantu kedua ​stakeholder ​ ini untuk dapat terkoneksi secara maksimal. Dari segi kandidat, terutama bagi mereka yang baru lulus dari universitas dan belum tahu ingin bekerja di ranah apa, AI membantu mereka untuk mencocokkan latar belakang mereka dengan pekerjaan yang sesuai. Di lain sisi, para rekruter sangat terbantu karena kehadiran “​personal digital assistant” selama 24/7 untuk mencari kandidat terbaik yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hal lain dari kehadiran Kalibrr di dunia perekrutan adalah ​employer branding ​ yang tidak banyak dilakukan oleh kompetitor lainnya. Aktivitas ini mempermudah perusahaan dalam mengkomunikasikan nilai dan budaya dalam bekerja.

Kalibrr membantu rekruter dalam mencari kandidat yang sesuai dengan menyediakan beberapa paket uji kemampuan kandidat hasil kerja sama dengan Asia Development Bank. Dengan berbagai kategori penilaian, rekruter dipermudah dalam melakukan ​screening pertama pada proses perekrutan. Pun demikian dengan pencari kerja, mereka terbantu untuk mendemonstrasikan kemampuan mereka sehingga mampu memperbesar peluang masuk dalam bursa kandidat kerja. Kategori penilaian diberikan terbagi dalam beberapa kategori khusus, seperti tes pemrograman dasar, dan umum seperti penilaian ketelitian dan logika.

Lebih dari 6 juta percakapan antara rekruter dengan kandidat kerja telah terjadi melalui platform Kalibrr. Ini memperlihatkan bahwa interaksi aktif dalam proses perekrutan merupakan hal yang sangat krusial. Adanya fitur ​end-to-end built-in chat system pada platform Kalibrr memungkinkan rekruter untuk memberikan pesan otomatis yang dapat dipersonalisasikan untuk setiap lowongan pekerjaan. Di lain pihak, fitur ini sangat bermanfaat bagi para pencari kerja untuk terus mendapatkan informasi terbaru mengenai proses perekrutan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here