Jangan Biasakan Ceroboh di Internet Agar Terhindar Dari Kejahatan Digital

0
250
Kejahatan Digital

Medha.id. Penggunaan teknologi digital secara tidak bijak salah satunya merupakan tindak kejahatan penipuan yang dilakukan oleh oknum. Pada dasarnya, penipuan itu adalah proses untuk memanipulasi orang lain (korban). Dan seiring dengan perkembangan digital, kejahatan digital pun makin beragam

Baca juga:

Perlunya Pendampingan Agar Produk UMKM Tembus Pasar Global

Menurut Abang Suluh Husodo, CEO Maxplus, motivasi seseorang melakukan tindak penipuan didasarkan pada upaya memperdaya korban. Kebanyakan pelaku memanfaatkan rasa takut, percaya, penasaran, nafsu, simpati, dan empati yang dimiliki oleh korban.

Baca juga:

Pelajari Dulu Setiap Platform Investasi Online Sebelum Berinvestasi

“Kalau kita tidak bisa mengontrol rasa takut maka bisa dimanfaatkan oleh pelaku. Contoh, akun media sosial kita tiba-tiba ditangguhkan, ada perintah harus verifikasi akun dengan mengklik sebuah link. Pelaku tidak hanya memanfaatkan rasa takut, tetapi juga kepercayaan. Dapat dilihat dari e-mail penipuan dibuat semirip mungkin dengan yang asli.,” ujar Suluh Husodo, dalam acara Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat, Rabu (23/6/2021).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here