Menparekraf Ajak Dalang Untuk Edukasi Prokes Lewat Cerita Wayang

0
1633
Edukasi Prokes

Medha.id. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak peran aktif pelaku seni di Kota Surakarta, khususnya para dalang untuk dapat melakukan edukasi prokes dengan memasukkan pesan dan ajakan bagi masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin lewat cerita-cerita wayang yang dipentaskan.

Baca juga:

Penampakan Desa Wisata Tetebatu Sebelum Kunjungan Assesor UNWTO

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat berdiskusi dengan pelaku ekonomi kreatif (dalang) di acara peluncuran “Gerakan Sosial #KitaPeduli untuk Bantu Pelaku Parekraf Indonesia Terdampak Pandemi” di Kota Surakarta, Sabtu (9/10/2021) siang.

“Kondisi COVID-19 di beberapa wilayah di tanah air sudah mulai membaik. Mohon dukungan dari para dalang, terutama dalang millenial untuk dapat memasukkan pesan-pesan bagi masyarakat untuk terus patuh pada penerapan protokol kesehatan. Wayang sebagai seni, juga telah lama menjadi salah satu alat untuk menyampaikan informasi,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca juga:

HK Endurance Challenge Akan Hadirkan 100 Atlet Triathlon

Kemenparekraf, dikatakannya akan terus berupaya memberikan dukungan bagi para pelaku seni dalam upaya membangkitkan kembali geliat pariwisata dan ekonomi kreatif. Baik dengan menghadirkan event-event yang dikoordinasikan dengan pemerintah daerah, juga re-skilling dan up-skilling kemampuan para pelaku parekraf sesuai dengan tantangan dan kebutuhan di era pascapandemi.

“COVID-19 ini membutuhkan adaptasi, inovasi, dan kolaborasi untuk penciptaan lapangan kerja. Dibutuhkan juga peningkatan keterampilan para pelaku lewat pelatihan dan pendampingan dan ini yang akan terus kita hadirkan ke depan. Harapan saya, kehadiran kita di sini dapat semakin menggeliatkan roda ekonomi sehingga aktivitas komunitas industri wayang segera bangkit,” kata Sandiaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here