Menparekraf Harapkan KEN 2024 Berikan Multiplier Effect ke Masyarakat

0
1714
KEN 2024

Medha.id. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menginginkan sebanyak 110 event berkualitas yang terangkum dalam KEN 2024 (Karisma Event Nusantara) diharapkan mampu meningkatkan perekonomian nasional dan memberikan multiplier effect kepada masyarakat.

Menparekraf Sandiaga Uno saat meluncurkan KEN 2024 yang bertajuk “Budaya Indonesia Panggung Dunia” di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (27/1/2024) mengatakan KEN harus mampu mendorong peningkatan perekonomian daerah. Ia juga berharap KEN 2024 yang menyajikan kegiatan menarik seperti musik, budaya, seni karnaval, hingga kuliner ini bisa meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

Baca juga:

Indonesia AirAsia Resmi Tambah Rute Baru Jakarta – Kota Kinabalu

“Alhamdulillah, kembali kita luncurkan KEN 2024 yang akan menampilkan 110 event unggulan yang telah dikurasi dari 252 event usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, berdasarkan data yang diterimanya, penyelenggaraan KEN 2023 telah berkontribusi terhadap peningkatan nilai produksi barang dan jasa (output) di Indonesia mencapai Rp212,2 miliar serta Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang mencapai Rp198,6 miliar.

Sementara itu, nilai perputaran uang atau pergerakan ekonomi dari 7,36 juta pengunjung (lokal, domestik, maupun asing) pada acara KEN 2023 mencapai Rp12,38 triliun.

Baca juga:

Karisma Event Nusantara 2024 Resmi Diluncurkan di TMII

“Targetnya tahun ini terdapat peningkatan pergerakan ekonomi hingga bisa mencapai 20-25 persen dari tahun lalu. Dan harapannya juga ikut menopang 1,2 miliar sampai 1,5 miliar pergerakan wisnus di 2024,” katanya.

Lebih lanjut Sandiaga Uno mengatakan, berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini event-event di KEN terselenggara secara merata sepanjang tahun. Sehingga tidak menumpuk di akhir tahun.

“Pekan depan sudah ada event di Solo, Jawa Tengah, yaitu Grebeg Sudiro dan ini akan terus bergulir di tempat lain, seperti festival Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat, dan beberapa festival-festival yang akan diselenggarakan sepanjang tahun. Sehingga wisatawan juga bisa mudah dalam menentukan tanggal untuk hadir di acara KEN,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here