SMK Work Ready Virtual Conference: Jobs of the Future

0
1324
Jobs of the Future

Perubahan globalisasi yang didukung dengan hadirnya berbagai teknologi baru, peningkatan pasar tenaga kerja, dan tantangan lingkungan yang kian berkembang mempengaruhi lembaga pendidikan dan tempat kita bekerja. Berbagai pertanyaan kunci mulai bermunculan menanggapi perubahan ini, termasuk bagaimana kaum muda dapat mempersiapkan diri untuk pekerjaan masa depan mereka, serta bagaimana sistem pendidikan dapat memperkuat perannya dalam mempersiapkan siswa yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan revolusi industri 4.0, seperti berpikir kritis, berkolaborasi, berkomunikasi serta memiliki kemampuan dalam literasi digital. Atas dasar hal tersebut, terjalinlah kolaborasi antar pihak melalui SMK Work Ready Virtual Conference: Jobs of the Future

Pandemi Covid-19 dan resesi global memberikan dampak ketidakpastian peluang dalam bursa tenaga kerja dan mengubah berbagai aspek di dalamnya dengan sangat cepat. Hal ini Mengantarkan kita untuk memanfaatkan teknologi untuk proses belajar mengajar di Indonesia. Pada Mei 2020, Work Ready tahap kedua telah berhasil dilaksanakan untuk memperkuat sistem pendidikan vokasi melalui peningkatan kapasitas guru melalui pengajaran jarak jauh dengan teknologi baru.

“Konferensi Virtual Work Ready SMK 2021: Jobs of The Future” didedikasikan bagi para guru dan siswa agar lebih memahami tren industri masa depan yang kian berkembang dan beragam. Konferensi ini menjadi penghubung yang baik antara industri dan praktisi untuk mengatasi ketidaksesuaian yang kerap kali terjadi antara keterampilan yang dimiliki oleh para lulusan, khususnya SMK dengan kebutuhan industri dalam dunia kerja. Pada hari pertama konferensi, perwakilan guru dari program Work Ready akan berbagi cerita terkait pelaksanaan ‘independent project-based distanced learning’ atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) berbasis proyek mandiri. Sesi berbagi praktik terbaik ini juga akan menyoroti bagaimana proyek yang telah dilakukan para guru di sekolah masing-masing dapat membantu siswa mengembangkan soft skill mereka agar makin siap untuk memasuki dunia kerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here