Bertahan di Era Pandemi Kuncinya Inovasi Dan Adaptasi

0
10
Bertahan di Era Pandemi

Medha.id. Setiap jenis usaha harus memiliki dasar yang kuat agar tidak mudah goyah bahkan runtuh, terlebih harus bertahan di Era Pandemi. Di tengah situasi pandemi covid-19, sektor UMKM melakukan berbagai cara agar bias bertahan. Keadaan ini juga memaksa setiap pelaku UMKM memanfaatkan kecanggihan dan kemudahan agar beralih ke dunia digital. Dan untuk dapat bertahan di era pandemi kuncinya inovasi dan adaptasi

Baca juga:

Cashless Solusi Alternatif Pembayaran Era Pandemi

Menurut Didiet Maulana, desainer dan Edukator Wirausaha, cara agar sebuahusaha mampu bertahan lama yaitu dengan memiliki pondasi yang kuat dalam membuat sebuah brand. Di mana kemudian brand atau usaha tersebut harus dihadapkan pada situasi tak terduga, seperti pandemi covid-19 ini. Bertahan di Era Pandemi dapat terwujud bila terus melakukan inovasi dan adaptasi.

Baca juga:

Bijak Menggunakan Internet Demi Kesehatan Mental

“Mengubah ruang usaha dari offline ke online adalah salah satu cara bertahan saat pandemi. Adanya dunia digital membuat penjualan tetap dilakukan tanpa bertatap muka langsung dengan customer,” ujar Didiet Maulana saat berbicara dalam acara Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 wilayah Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Selasa (22/6/2021).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here